SEKILAS INFO
: - Saturday, 08-08-2020
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang
EKSTRAKURIKULER SENI

Manfaat Ekskul Seni bagi Perkembangan Diri

Nah, sesudah kita mengenal ragam cabang seni yang bisa diikuti dan tekuni, yuk sekarang kita cari tahu dan pahami apa saja sih manfaat ekskul seni bagi perkembangan diri.

Siap-siap buka pikiran ya teman-teman Quipperian, karena hasilnya bahkan lebih luas dari sekadar luapan ekspresi perasaan kita semata. Yuk, simak manfaat ekskul seni di bawah ini.

1. Praktik Aktif

Program terbaik bagi pelajar untuk mengalami perkembangan nyata adalah yang bersifat eksperensial, aktif, langsung, dan praktis. Idealnya mereka melibatkan hubungan kerja gotong royong kelompok kecil di mana pembelajaran sosial dan kognitif digabungkan.

2. Mengembangkan Penalaran, Intuisi, dan Kognisi

Kemampuan penalaran, intuisi, persepsi, imajinasi, daya cipta, kreativitas, keterampilan memecahkan masalah dan berekspresi adalah proses kognitif yang terkait dengan seni.

Tishman et al (2002) menguji sekelompok 162 anak-anak, usia 9 dan 10 tahun, untuk melihat karya seni dan alasan tentang apa yang mereka lihat. Dia menyimpulkan bahwa anak-anak mentransfer penalarannya saat tari ke dalam proses pengolahan informasi visual saat belajar ilmu alam.

3. Meningkatkan Kemampuan Verbal dan Matematis

Ruppert menulis untuk NASSA (2006) bahwa siswa yang mengambil empat tahun kursus seni mengungguli rekan-rekan mereka yang memiliki satu setengah tahun atau kurang dari seni.

Kursus seni memberikan 58 poin tambahan pada tes SAT verbal dan 38 poin tes SAT matematika. Semakin banyak waktu seorang siswa terlibat dengan seni semakin banyak kemungkinan efek positif akan terlihat di area lain.

4. Peneladanan Nilai Moral Budaya

Seni membantu memotivasi siswa, terutama siswa yang kurang beruntung. Siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ekskul seni melihat diri mereka lebih mampu mengekspresikan diri dan meguasai ragam rupa keterampilan hidup.

Ragam rupa kegiatan ekskul, khususnya seni, menjadi wahana atau media untuk terjadinya interaksi positif dan peneladanan dari orang dewasa. Hal ini dimungkinkan karena segala cabang seni memiliki nilai budaya dan intrinsik yang kuat.

Agenda Terbaru